8 Mar 2016

Tips menghemat kuota data internet pada android

INFOKU TEKNO PLUS - Seiring makin tak sedikitnya komunikasi menggunakan handphone, kebutuhan paket data atau kuota internet pun makin besar. Tapi perhatikan, jangan hingga kebutuhan tersebut justru membikin Kamu boros. Kali ini, pemakai dapat memilih antara paket internet unlimited atau berdasarkan kuota. Keduanya sama-sama punya batas wajar pemakaian. Bedanya hanyalah pada paket unlimited, pemakai masih dapat mengakses internet walau kecepatannya sehingga sangat lambat. Sedangkan pada paket kuota, koneksi internet dapat langsung putus.

Artinya, apapun paket yang dipakai Kamu masih wajib menghemat supaya koneksi ke internet masih lancar serta tak menggerus isi dompet. Pilihan yang paling mutlak untuk faktor ini, pasti saja mencari atau menghubungkan handphone ke WiFi setiap kali sedang berada di tempat yang menyediakan WiFi gratis.

Tips menghemat kuota data internet pada android

Berikut tips menghemat kuota data internet

Awasi pemakaian data

Sebelum menghemat pemakaian data, ada baiknya pemakai mengetahui tipe-tipe konsumsi datanya. Apakah lebih tak jarang habis sebab media sosial, browsing, bermain game, melihat video online atau justru sebab dipakai mendownload aplikasi. Pemakai dapat dengan mudah mengetahui faktor tersebut melewati menu di masing-masing handphone, baik sistem operasi Android, iOS atau Windows Phone. Menu tersebut biasanya ada untuk tahap pengaturan. Ketika dibuka bakal menunjukkan berapa banyak data yang sudah dipakai serta aplikasi apa saja yang memakainya.

Selain memakai aplikasi bawaan, ada juga aplikasi buatan pihak ketiga yang dapat digunakan menghitung konsumsi data. Umpama, pemakai Android dapat mencoba aplikasi bernama Onavo Count dalam melacak pemakaian data. Seusai mengenal aplikasi apa saja yang tak sedikit memakai data, pasti pemakai lebih mudah mengatur kapan menjalankan aplikasi tersebut. Umpama, hanya membuka Path ketika terhubung dengan WiFi atau pada jam-jam tertentu ketika operator layanan komunikasi sedang memiliki bonus kuota internet.

Matikan update otomatis

Update otomatis membikin pemakai rutin dapat menperoleh aplikasi terupdate tanpa repot. Tapi bila tidak terkendali, fitur ini malah menjadi jebakan yang dapat menebas habis kuota data. Bayangkan, bila Kamu sedang memakai layanan data dari koneksi mobile lalu tanpa disadari ada sejumlah aplikasi yang otomatis diperbarui.

Satu aplikasi tersebut katakanlah berkapasitas 20 MB. Ketika pemutakhiran otomatis terjadi pada lima aplikasi dengan ukuran serupa saja telah 100 MB yang hilang dari kuota data. Sebaiknya pemakai mematikan saja fitur ini, serta memilih preferensi pembaruan aplikasi dengan cara manual atau otomatis hanya saat terkoneksi dengan WiFi. Tujuannya supaya aplikasi, umpama dari Apps Google Play Store tak otomatis mendownload pembaruan memakai koneksi seluler.

Download aplikasi sewajarnya

Kurangi mendownload aplikasi melewati koneksi seluler. Ukuran file suatu aplikasi sebetulnya bervariasi, tak seluruhnya berkapasitas besar. Tetapi bila Kamu tergolong yang suka bermain game, perhatikanlah ukuran file yang diunduh. Tak jarang game dengan desain grafis tiga dimensi mempunyai file berkapasitas besar. Umpama, Contract Killer keluaran Glu Mobile, yang berkapasitas kurang lebih 295 MB.

Aplikasi lain, semacam Facebook, Instagram atau Path, biasanya berkapasitas kecil ketika pertama kali diunduh. Tetapi konsumsi datanya dapat membesar saat dipakai. Path, umpama dapat mengkonsumsi ratusan megabyte kuota data untuk menampilkan linimasanya yang berjejal dengan foto. Bila persoalan paling besar untuk kuota data Kamu merupakan urusan aplikasi jejaring sosial semacam ini, cobalah mengatur waktu pemakaian aplikasi tersebut. Umpama dengan mengurangi unggahan foto, mengurangi refresh linimasa aplikasi sampai hanya membukanya saat terhubung dengan WiFi.

Kurangi menonton video online atau Streaming

Menonton video di YouTube ketika sedang di perjalanan memang menyenangkan, tapi jangan kaget bila ini membuat kuota data cepat habis. Streaming video adalah salah satu layanan yang membutuhkan data dalam jumlah besar.

Bila ingin menghemat kuota data Anda, sebaiknya hindari melihat streaming video memakai koneksi seluler. Pilihan lain, melihat streaming atau mendownload video yang diharapkan ketika terhubung ke WiFi gratis.

Kompresi data di browser

Sejumlah peramban atau browser mempunyai fitur bawaan yang otomatis memanfaatkan data. Fitur ini sangat berkegunaaan untuk mereka yang tak jarang menjelajah internet memakai smartphone. Peramban yang mempunyai fitur ini, antara lain merupakan Chrome serta Opera Mini juga UC Browser. Ketiganya memakai server mereka sendiri untuk mengompres data website yang dikunjungi pemakai, lalu mengirimkannya untuk bentuk data yang telah diperkecil.

Nah, itulah Tips menghemat kuota data internet pada android, semoga dengan informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Silahkan dicoba.

Artikel Terkait

2 komentar

TThanks tipsnya.... tapi kayaknya aku tetep susah hemat kuota soalnya aku suka streamingan... btw thanks


EmoticonEmoticon


Technology Blogs
Technology Blogs
top sites
top sites
My Ping in TotalPing.com